Tips Mendapatkan Foto Terbaik ala Travel Blogger

Foto kini adalah salah satu yang menjadi perlu diabadikan saat traveling ke manapun juga. Foto juga bisa menjadi bahan pelengkap untuk cerita traveling para travel blogger. Melalui foto inilah biasanya para travel blogger bisa bercerita banyak hal.

Namun biasanya tidak sembarang foto yang ditampilkan di blog para travel blogger, biasanya mereka memilih foto-foto terbaik untuk ditampilkan di blog travel mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan foto terbaik ala travel blogger yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Riset Lokasi sebelum Jepret

Informasi adalah salah satu hal yang paling berharga. Kumpulkan informasi yang lebih banyak dari tempat wisata yang Emang kamu yang menjadikan objek foto. Salah satu yang paling penting adalah Dari mana datangnya cahaya. Selain bisa menggunakan informasi dari internet kamu juga bisa bertanya langsung pada warga lokal saat tiba di lokasi. Datang sehari sebelum pemotretan dan lakukan dengan cara survei lokasi dengan bertanya-tanya pada warga lokal.

Untuk tujuan domestik, pastikan juga kamu mencari informasi tiket pesawat citilink ke berbagai daerah sehingga kamu bisa mendapatkan penawaran harga tiket pesawat terbaik.

2. Tak Perlu Kamera Mahal, Pelajari Teknik Dasar Fotografi

Untuk bisa mendapatkan foto terbaik, kamu telepon menggunakan kamera yang mahal hanya dengan bermodalkan kamera smartphone saja kamu bisa menciptakan foto yang sangat baik ketika travelling yang jelas kamu harus mempelajari dasar-dasar misalnya seperti mengetahui dari mana arah datangnya cahaya, pengaturan iso, shutter Speed, dan juga aturan-aturan umum fotografi seperti aturan komposisi golden triangle dalam fotografi.

3. Bangun Pagi untuk Mendapatkan Golden Sunrise

Para travel blogger biasanya benar-benar totalitas dalam pekerjaannya salah satunya adalah bangun pagi-pagi matahari terbit sehingga bisa mengabadikan momen-momen cari muncul dari ufuk timur. Untuk menjadi seorang traveler dan juga fotografer kamu harus bisa menjaga kesehatan dan stamina tubuh salah satunya adalah dengan cara bangun lebih pagi dan tidur lebih awal.

4. Sabar dan Lakukan Berulang-ulang

Untuk mendapatkan foto yang baik memang dibutuhkan kesabaran. Bahkan untuk satu foto saja bisa membutuhkan waktu lebih lama dari yang kamu bayangkan. Foto yang terbaik adalah foto yang dijepret pada waktu yang tepat. Untuk mendapatkan waktu yang tepat inilah tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Hanya kesabaran yang menjadi kunci untuk mendapatkan hasil foto terbaik ala travel blogger.

5. Ciptakan Foto yang Bercerita

Menciptakan foto yang bercerita memang tidak mudah Salah satu caranya adalah menjepret atau memfoto kegiatan atau aktivitas sehari-hari warga di sekitar lokasi wisata. Untuk bisa mendapatkan foto warga tentu saja kamu tidak bisa asal jepret tapi kamu harus melakukan pendekatan terlebih dahulu agar mereka bisa lebih terbuka. Itulah yang dilakukan oleh travel blogger agar bisa lebih cepat akrab dengan warga lokal.

6. Gunakan komposisi foto yang kreatif

Untuk bisa mendapatkan foto yang menarik kamu bisa meniru terlebih dahulu sebagai langkah awal. Cari dan pahami foto-foto dari beberapa referensi misalkan dari Instagram. Untuk langkah awal kamu bisa meniru foto dengan konsep yang sudah ada namun selanjutnya akan lebih baik jika kamu menciptakan tema sendiri sehingga komposisi kamu berbeda dengan yang pernah orang lain dapatkan.

7. Siapkan Baterai Cadangan

Salah satu kendala dalam hal fotografi adalah tidak ada baterai yang tahan lama bisa digunakan selama berjam-jam. Salah satu alat dapur yang wajib kamu bawa adalah baterai cadangan. Untuk urusan smartphone kamu bisa membawa powerbank namun untuk urusan kamera ama harus membeli baterai cadangan sehingga kamu bisa memperkirakan bahwa kamu tetap bisa menggunakan kamera seharian selama traveling tanpa harus bergantung pada colokan listrik untuk melakukan isi ulang baterai kamera.

8. Siapkan Kamera Sesuai Lokasi

Sesuaikan kamera yang kamu bawa dengan lokasi yang kamu tuju. Jika kamu berencana ingin bermain di sungai atau pantai ada baiknya kamu melindungi kamera kamu dari cipratan air atau membawa waterproof agar kamu bisa mendapatkan gambar-gambar truk di bawah laut. Jika kamu ingin lebih praktis kamu bisa menggunakan action camera yang bisa dibawa menyelam ke dasar lautan.

9. Belajar Editing Kilat

Melakukan editing fotografi memang butuh skill dan pengalaman. Namun ada beberapa banyak aplikasi di Smartphone kamu yang bisa kamu gunakan untuk melakukan editing foto sehingga lebih tampil menarik saat diunggah di sosial media. Kamu bisa menggunakan beberapa filter yang sudah disediakan dan tinggal mengunggahnya dengan mudah. Jika kamu menggunakan kamera pastikan kamera kamu sudah memiliki konektivitas WiFi sehingga bisa melakukan transfer secara Real Time lewat smartphone kamu.

Agar perlengkapan fotografi kamu aman, pastikan kamu mendapatkan hotel yang aman melalui aplikasi booking hotel terbaik yang menginformasikan hotel yang direkomendasikan di tempat wisata yang akan kamu tuju.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *